BANDUNG, FOKAL.ID – Polandia yang merupakan negara terbesar di Eropa Tengah memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan, salah satunya perdagangan dan investasi. Tahun ini, Badan Investasi dan Perdagangan Polandia bersama Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Polish Business Club dan Organisasi Pariwisata Polandia menyelenggarakan Poland Festival 2023 (#PF23) yang diadakan di Griya Sumbersari Junction Bandung, Jawa Barat pada Minggu, (5/11).
Fokus utama acara ini diselenggarakan yaitu pada sektor ekonomi, pendidikan dan pengetahuan. Kepala Badan Investasi dan Perdagangan Polandia di Jakarta, Jacek Kolomyjec juga menekankan tentang potensi besar yang ada di Indonesia sebagai pemimpin di Asia Tenggara.
Acara ini mengajak masyarakat untuk merasakan keunggulan Polandia melalui berbagai kegiatan, termasuk pameran produk-produk Polandia, teknologi, sains serta kuliner lezat yang disajikan oleh chef Polandia.
Saat membuka acara Poland Festival 2023 di Bandung, Jacek mengatakan, Poland Festival telah berkembang menjadi acara promosi terbesar yang diadakan di Indonesia. Tahun lalu, kami hadir di 4 kota dan sekarang merambah ke 5 kota yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya dan Denpasar. Dalam waktu dekat, juga akan hadir di Lampung.
Tujuan diadakannya festival ini diantaranya, membawa produk berkualitas ke konsumen Indonesia, membuka peluang bisnis bagi importer dan pengecer Indonesia serta meningkatkan kesadaran tentang Indonesia di Polandia dan mendorong pengusaha Polandia untuk berinvestasi di Indonesia.
Beberapa merek FMCG dari Polandia ditampilkan dalam acara ini diantaranya makanan, minuman dan produk kosmetik dengan diskon 10-50 persen. Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti kelas Bahasa Polandia serta berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seru.
Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczyńska, mengungkapkan harapannya untuk memperkuat hubungan bisnis antara Polandia dan Indonesia serta meningkatkan pertukaran perdagangan di masa depan.
“Ada banyak hal yang bisa Polandia tawarkan kepada Indonesia. Ada banyak produk yang saya pikir masih belum cukup dikenal di Indonesia. Indonesia adalah negara yang sangat besar dan dalam hal ini potensi kerjasama, terutama dalam perdagangan dan investasi, sangat besar”. Ujar Beata.
Dalam lima tahun terakhir, Poland Festival berhasil meningkatkan kesadaran publik tentang Polandia dan produk-produknya di ASEAN. Tahun lalu, acara ini telah menarik lebih dari 200.000 pengunjung dan meningkatkan penjualan produk FMCG Polandia secara signifikan. Ini membuktikan bahwa festival ini berhasil mempromosikan budaya, bahasa, pariwisata dan merek FMCG Polandia di Indonesia.
Acara ini diadakan berkaitan dengan perayaan hari kelahiran Nicolaus Copernicus yang ke-550 dan telah merancang berbagai acara menarik untuk diikuti seperti, Science and Geology Day, Symposium Ed-tech and Science, Copernicus Walk – Car Free Day dan beberapa acara lainnya.
Acara dihadiri Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczyńska, Kepala Badan Investasi dan Perdagangan Polandia di Jakarta Jacek Kolomyjec dan Wakil Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia Cezary Filipek serta Komisaris Yogya Group Yogie Basuki.
Informasi lebih lanjut tentang jadwal lengkap Poland Festival 2023 dapat dilihat di Instagram @polandfestival atau www.paih.gov.pl.