Jakarta, fokal.id – Melanjutkan rangkaian seri Muslim LifeFair yang sukses digelar di JIEXPO Kemayoran pada Maret lalu, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dan Lima Event Indonesia, kembali menggelar pameran bertajuk Pesta UMKM Muslim, di Innovation Convention Center BRIN (ICC), Cibinong (31 Mei-2 Juni).
Dipilihnya ibu kota Kabupaten Bogor sebagai venue perhelatan untuk kali pertama ini, karena melihat animo dan kebutuhan masyarakat Bogor terhadap produk UMKM halal dan pengembangan ekosistem halal lifestyle yang terus menunjukkan tren positif. Dari segi kapasitas dan fasilitas, Innovation Convention Center (ICC) representative untuk perhelatan berkonsep Bazaar Produk Muslim dan Kuliner Halal yang biasanya dikunjungi lebih dari 20 ribu pengunjung.
CEO Lima Event Indonesia, Deddy Andu optimis Pesta UMKM Muslim ini mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat seperti kota-kota lainnya, Bandung, Jakarta, BSD Tangerang dan Jogjakarta. Mengingat ajang Muslim Life Fair memiliki karakter yang kuat dan bidikan market dan pengunjung yang jelas. “Ajang ini bukan sekedar transaksi bisnis, tetapi lebih dari itu, menciptakan tren pasar produk halal lokal yang terus tumbuh berkesinambungan, sekaligus wahana transfer nilai-nilai muamalah yang efektif, sarana edukasi, dan rekreasi untuk keluarga muslim,” papar Deddy Andu.
Direktur Klub Bisnis KPMI Korwil Bogor Kusnan bin Kundori mengatakan, sebagai pelaku usaha produk halal, Pasar UMKM Muslim merupakan kesempatan penting dan sangat dibutuhkan. “Pelaku usaha produk halal sangat membutuhkan ruang dan jejaring untuk eskalasi bisnis, sementara di sisi lain, harus memiliki daya tahan yang kuat dan kreatif untuk beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman yang berubah cepat dan semakin inklusif,” pungkas Kusnan bin Kundori.
Apalagi, lanjutnya, Indonesia memiliki misi besar sebagai pusat halal dunia, tentu penguatan ekosistem pelaku bisnis halal dan halal lifestyle harus terus digelorakan dan dihidupkan di tengah-tengah masyarakat. Kota Cibinong diharapkan bisa menjadi lokomotif penggerak halal lifestyle dan brand image sebagai kota UMKM Halal. Karena selama ini Bogor telah dikenal memiliki UMKM yang kreatif dan inspiratif.
Dalam gelaran ini, Deddy Andu menyebut ada sekitar 80 brands dengan 105 booth dari beragam kategori diantaranya Fashion Muslim, halal beauty & care, baby & kids product, pendidikan Islami, kuliner halal, halal tour & travel serta multiproduk lainnya. Para exhibitor yang berasal dari daerah Cibinong dan Bogor, Jakarta sampai Jogja ini siap memberikan penawaran spesial kepada seluruh pengunjung yang ditargetkan sekitar 20 ribu orang.
“Salah satu yang menjadi identik dari Muslim Life Fair adalah memang soal kualitas produk yang ditawarkan spesial selama event, limited edition, flash sale sampai 75% dan program tebus murah mulai dari 5 ribu hingga 25 ribu,” ungkap Deddy Andu.
Program promo spesial ini bermanfaat bagi brand bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk membangun loyalitas konsumen. “Pameran merupakan wahana efektif membangun branding dan menemukan solusi langsung dari konsumen, karena itu kami selaku penyelenggara terus melakukan inovasi dan terobosan bagaimana supaya brand pelaku usaha dengan konsumennya bisa terus eksis dan sinergis,” tambah Deddy Andu.
Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung mendapatkan kesempatan mengikuti rangkaian kelas bisnis dan bussiness matching untuk pelaku bisnis, sharing muamallah dengan para asatidz, sharing parenthing, dan untuk anak-anak, disediakan area bermain yang kondusif bagi kreatifitasnya.
Bertepatan dengan momen Idul Adha, pengunjung juga bisa sekaligus bertransaksi hewan Qurban, tentunya dengan penawaran spesial. Satu lagi yang menjadi daya tarik pengunjung, khususnya yang sedang mencari pasangan hidup, bisa mengikuti program ta’aruf offline, langsung di lokasi pameran dengan bimbingan asatidz.
“Jika event ini sukses, maka kami akan jadikan agenda tahunan seperti kota-kota lainnya, dalam rangkaian roadshow Muslim Life Fair Goes To Muslim Life Fest,” tandas Deddy Andu.
Gelaran Muslim Life Fest yang diselenggarakan di ICE BSD pada 30 Agustus hingga 1 September mendatang tersebut rencananya akan berkonjungsi dengan pameran berkonsep Bussiness to Bussiness (B2B) Jakarta Halal Expo & Conference. Sebagai awal rangkaian road show Muslim LifeFair, agenda Pameran ini akan kembali diselenggarakan di Bandung, tepatnya di Bandara Sastratenegara pada 4-6 Oktober 2024 & Jakarta Convention Centre 27-29 Desember 2024
EVENT DETAILS
Nama Pameran : Muslim LifeFair Cibinong
Tanggal : 31 Mei – 2 Juni 2024
Campaign : #PestaUmkmMuslim
Jam Buka : 10.00 – 21.00 WIB
Tempat : Innovation Convention Centre BRIN
HTM : Rp. 30.000,-/ Pembelian Online via Web & App Muslim LifeShop
Website : www.muslimlifefair.com
Instagram : muslimlifefair.id
Exhibitor : ± 150 Exhibitors
Target Pengunjung : ± 20.000 pengunjung/3 hari pameran
Promo Tiket Presale : Batch 1 (01 sd 05 Mei 2024) – RP. 15.000 done
Batch 2 (22 sd 26 Mei 2024) – RP. 20.000 soon
KATEGORI PRODUK
- Fashion & Aksesoris Muslim
- Baby & Kids Product
- Halal Tour & Travel
- Kuliner Halal
- Pendidikan Islami
- Halal Beauty & Care
- Multiproduk
PROGRAM ACARA
- Kelas Bisinis
- Konsultasi perencanaan keuangan*
- Kajian asatidz
- Kajian anak & Story Telling
- Jual beli Hewan Qurban
- Bisnis Matching
- Kidz Area Activity
- Cek kesehatan gratis*
- Fun Walk*
- Tebus Murah dari 5rb sd 25rb
- Flash Sale Discount Up to 75%
- Program Ta’aruf Offline*
*tbc