Bekasi, fokal.id – Di tengah dinamika ekonomi global, semangat untuk membangkitkan ekonomi lokal dan memperkuat sektor riil justru semakin menguat. Menjawab kebutuhan itu, PT Delapan Angan Cipta (DAC Events) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi & Dekranasda Kota Bekasi Menghadirkan sebuah pameran gaya hidup berkah bertajuk #BekasiBarakaMarket pada tanggal 25-27 Juli 2025 sebagai road to Indonesia Baraka Market yang akan diadakan selanjutnya.
Mengusung konsep Business to Customer (B2C), #Bekasi Baraka Market merupakan bazar inklusif yang menggabungkan semangat kewirausahaan, semangat kolaborasi yang dibalut dengan norma-norma syariat agar apa yang diusahakan bersama ini dapat tumbuh, berkembang dan berkelanjutan (berkah) dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, mempromosikan bisnis lokal, serta meningkatkan keterlibatan sosial masyarakat dengan pendekatan kekinian yang creative dan menginspirasi.
#Bekasi Baraka Market tepat diselenggarakan dalam momentum Hari Anak Nasional, Oleh karena itu Bekasi Baraka Market dirancang sedemikian rupa sebagai destinasi keluarga Islami yang tak hanya memberi ruang rekreasi, tetapi juga edukasi—mulai dari informasi produk halal, parenting, pendidikan anak, hingga gaya hidup Islami.
“Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkenalkan program strategis kolaborasi antara Pemerintah Kota Bekasi, PT Delapan Angan Cipta, dan Strategic Partners lainnya, dalam upaya memperkenalkan Valeu tentang kota bekasi dengan melalui program-programnya, menggairahkan roda ekonomi daerah dan memperkuat sektor riil melalui pameran yang inklusif, kreatif, dan menginsipirasi,” ujar Deddy Andu, sebagai inisiator pameran Indonesia Baraka Market dalam Media Gathering peluncuran Bekasi Baraka Market di Kantor Walikota Bekasi (25/4).
UMKM Tulang Punggung Ekonomi Indonesia
Dr. Tri Adhianto selaku Wali Kota Bekasi dan Ibu Wiwiek Hargono selaku Ketua Dekranasda Kota Bekasi, turut hadir dan menyampaikan apresiasinya atas semangat pelaku usaha halal untuk terus tumbuh di tengah ketidakpastian ekonomi. Ia menegaskan bahwa pameran ini merupakan bagian dari strategi pemerintah kota Bekasi dalam menggairahkan perdagangan dan meningkatkan daya beli masyarakat.
Sebagai kota penyangga ibu kota, Kota Bekasi mencatat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Data BPS 2024 menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,3%, didorong oleh sektor perdagangan, jasa, dan industri kreatif. Kota ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 300.000 pelaku UMKM, di antaranya bergerak dalam industri halal seperti makanan, fesyen muslim, hingga digital commerce.
Pemerintah Kota Bekasi aktif menggulirkan berbagai program pembinaan, seperti pelatihan wirausaha baru, fasilitasi perizinan halal dan sertifikasi produk, digitalisasi pemasaran UMKM, hingga akses pembiayaan melalui perbankan syariah dan lembaga keuangan mikro. Indonesia Baraka Market pun menjadi ajang promosi sekaligus wadah pembinaan berkelanjutan bagi pelaku usaha lokal binaan Pemkot.
Pameran ini akan menempati area seluas ±5.000 m² di UG Floor Revo Mall Bekasi, dan menampung hingga 150 booth dari berbagai sektor: fashion, halal tour & travel, beauty & skincare, kids & baby products, halal kulineria, penerbitan, komunitas hobi, seni budaya, hingga multiproduk lokal.
Program Pendukung UMKM Bekasi
Dalam rangka mendukung pertumbuhan pelaku usaha lokal, Indonesia Baraka Market menghadirkan layanan legalisasi dan sertifikasi usaha bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi, dan Dekranasda Kota Bekasi. Kolaborasi bersama Dekranasda Kota Bekasi akan melahirkan ragam karya dimana potensi yang dimiliki Kota Bekasi akan ditampilkan pada Bekasi Baraka Market. Hal ini mendorong semangat para perajin terus berinovasi memberikan hasil yang terbaik.
Melalui layanan ini, para pengunjung dapat berkonsultasi dan mengurus langsung berbagai kebutuhan usaha seperti SKB, NIB, HAKI, PIRT, hingga sertifikasi Halal — semuanya dalam satu tempat. Inisiatif ini menjadi wujud nyata komitmen kami untuk mendorong bisnis yang lebih siap, legal, dan berkelanjutan, demi terciptanya ekosistem usaha yang berkah dan maju.
Membawa Keberkahan Melalui Pameran
Lebih dari sekadar bazaar, acara ini juga diramaikan program edukatif dan interaktif, seperti kajian ilmiah islam untuk umum dan anak, kelas parenting Islami, Kids Pop-Up Class, lomba mewarnai dan menggambar, Creative Workshop, sesi sharing pelaku usaha dan influencer, live cooking demo, hingga arena bermain Anak. Semua dikemas kreatif untuk menarik minat pengunjung dari berbagai usia dan latar belakang.
Menurut Zoel Cholid, selaku Creative Director Indonesia Baraka Market, Bekasi Baraka Market bukan hanya sekedar pameran dengan program-program di dalamnya, tetapi ini merupakan media yang dengan izin allah akan secara konsisten mengajak dan mengedukasi masyarakat akan arti pentingnya keberkahan dalam setiap sendi kehidupan, khususnya di bidang ekonomi. “Kami ingin mengingatkan dan mengkampanyekan arti pentingnya keberkahan dalam kegiatan ekonomi dan dalam kehidupan kita sehari-hari yang disupport oleh para ahli di bidangnya dan disajikan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan agar para masyarakat dan para pelaku usaha saling terhubung demi membangun masyarakat ekonomi syariah,” ujarnya.
#BekasiBarakaMarket sendiri merupakan bagian dari agenda Road to Indonesia Baraka Market, yang konsisten mengangkat produk lifestyle dan kuliner halal di berbagai kota. Nama Baraka berasal dari kata barakah atau berkah, sebagai harapan agar kegiatan ini memberi kebaikan tak terputus bagi semua pihak yang terlibat.
Jangan lewatkan kesempatan untuk jadi bagian dari gelombang ekonomi halal yang penuh berkah. Kunjungi @indonesiabarakamarket dan daftarkan brand Anda sekarang!